Kamis, 13 Oktober 2011

Manajemen Multi User

Menggunakan multi-user dalam sebuah blog memiliki kelebihan dan memberikan kemudahan bagi seorang admin dalam mengelola blog. Admin bisa membagi user ini dalam kelompok, misalnya ada yang sebagai pembuat artikel, moderator, pengatur layout, dsb. Multi-user juga bisa memberikan kerugian bagi seorang admin, jika admin tidak mengelola atau memanajemen user-user ini dengan benar. Multi-user berguna sekali bagi sekelompok orang yang memiliki ide, tujuan atau pikiran yang sama. Jika sekelompok orang ini ingin menyampaikna ide, tujuan atau berita dalam tema tertentu, maka dalam sebuah blog harus ada fasilitas agar masing-masing individu dalam kelompok ini bisa login pada blog dan bisa memposting artikel berdasarkan ide mereka. Jadi, isi artikel tidak hanya hasil pemikiran satu orang saja, melainkan juga berasal dari orang lain. Dalam sebuah blog yang multi-user harus ada minimal satu orang moderator yang bertugas untuk menyeleksi artikel yang masuk ke blog dan menampilkannya di blog setelah diseleksi atau disetujui.


1. Administrator
Seorang administrator memiliki akses tak terbatas ke dalam blognya. yaitu,
* Mengganti template atau theme
* Mengedit template atau theme
* Mengaktifkan semua plug-in
* Mengedit user
* Mengedit file2

 2. Editor
Seorang editor bisa memanajemen artikel-artikel yang masuk ke dalam blog, meyeleksi dan menampilkannya pada blog. Seorang editor tidak bisa menambah atau mengedit user. Seorang editor bisa memanajemen artikel yang dikirim oleh user lain dan mengubah isinya. Editor juga bisa menambahkan kategori dan mengatur komentar yang diberikan pengunjung atau menandai komentar sebagai spam jika ada.

3. Author
.Seorang author hanya bisa memanajemen artikel yang dibuat oleh dirinya sendiri. Author tidak bisa merubah atau menghapus milik author yang lain. Author juga bahkan tidak bisa memodifikasi komentar yang dikirimkan oleh pengunjung pada artikel yang bukan miliknya tapi author dapat mengedit komentar yang dikirimkan pada artikel miliknya sendiri.

4. Contributor
Seorang contributor hanya bisa menulis dan mengirimkan artikel, namun artikel ini tidak akan ditampilkan sampai mendapat persetujuan dari editor, author atau dministrator.

5. Subscriber
Yang hanya bisa dilakukan oleh seorang subscriber adalah menulis komentar pada sebuah artikel dan mengirimkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar